Saturday, April 16, 2016

Mat Fix Cushion - No. 23 (Chica Y Chico)

Makeup bisa bikin wajah flawless dan tahan minyak seharian. Tapi step yang diperlukan banyak banget mulai dari primer-concealer-foundation-powder. Sebagai cewek yang suka kepraktisan, aku agak males kalo harus melakukan step-step tersebut. Belom lagi nguras budget banget~

Akhir-akhir ini, cushion lagi ngehits banget gara-gara kepraktisannya. Bentuknya kayak compact powder tapi.. isinya foundation! Bisa disebut compact foundation kali, ya.. Hahaha.

Aku tergiur banget buat beli cushion, karena keliatannya praktis banget gitu. Tapi kebanyakan cushion ngasih hasil akhir yang dewy; nggak matte. Buat muka berminyak macem aku, ribet dan risih kayaknya kalau pake foundation yang hasilnya dewy; mau di-set pake powder juga masih cepet leleh.

Makanya waktu ketemu sama Mat Fix Cushion di Althea ini, rasanya aku seneng banget.


Sebelum liat di web-nya Althea, aku belum pernah denger samasekali tentang cushion ini. Tapi, karena deskripsinya jelas dan sangat convincing, aku ambil deh cushion ini. Yang bikin aku tertarik dari deskripsinya adalah:
  • Coverage like concealer. Aku punya banyak blemishes, kalau mau fofo close-up harus touch up sana-sini, ribet. Pengen membuktikan apakah coverage cushion ini beneran ngebantu atau nggak.
  • Fight against greasy face. Sebenernya wajahku jarang jadi bener-bener greasy, cuma jadi oily aja sedikit-sedikit. Tapi nggak ada juga produk yang bisa tahanin minyak-ku sampe lebih dari sekitar 5 jam-an.
  • Longlasting. Longlasting di sini selain tahan lama kalo kena air, adalah nggak akan beroksidasi; warnanya akan tetap sama di wajah, gak akan berubah jadi abu-abu meskipun udah 12 jam pemakaian. Sebenernya aku sama sekali nggak pernah ngerasain yang namanya foundation/bb/cc cream teroksidasi sampai saat ini but ya who knows~
Kalau kamu penasaran sama klaim dan deskripsi lengkapnya, klik link ini aja, ya.

Tentang produk, aku bakal usaha buat jelasin sejelas mungkin. Karena aku newbie dalam masalah cushion-cushion-an.. so bare with me kalau aku sotoy ok. Aku mau jelasin sejelas-jelasnya biar ngga ada yang bingung sama cushion-nya!

Packaging



Karena packaging depan udah ada di awal, jadi aku gak upload ulang. Packaging bagian bawah, cuma ada barcode dan beberapa huruf korea. Nothing special.

Personally aku suka banget packaging warna item ini. Bener-bener bikin stand out dibanding cushion yang lain; yang warnanya soft banget kayak putih, pink, dan pastel-pastel lain. Lebih menguatkan kesan kalau cuhsion ini memang beda banget. Yang lain hasilnya dewy, ini matte sendiri.

Aku ngga tau kalau brand lain ada yang keluarin cushion matte juga, setau aku Chica Y Chico aja. Kalau ada yang tau, boleh banget komen di bawah ^w^

Yang pake bahasa Inggris cuma direction dan deskripsinya aja. Ingredients-nya ngga. Agak ribet juga kalo ngga bisa bahasa korea. Tapi tanpa baca Ingredients-nya.. Ngga ada reaksi aneh kok di kulitku setelah pakai ini. Kulitku super rewel, berminyak, gampang jerawatan. Nuff said.

Body


Bahannya ringan, kayak plastik tapi ngga se-ringan plastik mainan. Bahannya doff (nggak glossy, ya matte.. Dari body-nya aja udah pake plastik yang matte, lol). Di Bagian atas cuma ada tulisan 'Mat Fix' dan 'Chica Y Chico Matt Cushion'. Aku tau banyak body cushion lain yang bahkan tulisannya lebih simpel dan sedikit dari Mat Fix ini, tapi menurut aku tulisannya pas banget.. Pas aja.

Lama-lama ngefans juga nih sama desainer packagingnya lol.

Belakangnya ada some hangeul ya yang sedikit-sedikit aku bisa baca lah (soalnya kalo kebanyakan kayak di kotak aku udah males duluan baca HAHAHAHA), tapi ngga ngerti. Wq. Seperti kalian liat, ada beberapa keterangan lagi~


Buat dibawa pergi, cuhion ini terbilang cukup enak karena bentuk bodynya yang rata, nggak ada njendul-njendulannya. Bentuk kunciannya juga elegan, cuma kotak datar aja nggak ada njendulannya kayak compact powder lain yang sama-sama punya dua tingkat di dalem body-nya.

Karena aku ngga tau body-nya cushion lain dengan jelas (belom pernah beli lol) jadi aku bandingin sama body-nya compact powder yang tebel deh. And that's why aku mau nulis selengkap-lengkapnya karena aku juga kalau nyari review produk, suka expect bahwa penulis review bakalan mengupas cm per cm-nya, biar pembaca merasa bisa melihat dan menyentuh produknya meskipun dari layar kaca aja gitu.

Oiya, Chica Y Chico Mat Fix Cushion ini cuma sendirian di dalem boxnya. Nggak ada refill, gak ada brosur yang menyertai. Begitu buka box, yaudah deh cuma tinggal keluarin cushionnya aja.

Layer by Layer 



Waktu buka cushion, pasti langsung keliatan cermin. Eh tapi kok cerminnya burem?
Jangan khawatir, itu bukan cermin boongan/plastik kayak di lipstik CLDC-nya Emina. Cermin itu ada lapisan plastiknya yang harus dibuka dulu.. So ya buka dulu aja.


Seperti kebanyakan cushion lain, cushion ini punya dua tingkat. Yang atas buat naro sponge-nya, yang bawah baru cushionnya beneran. Waktu pertama kali beli, di atas cushion ada stiker pelindungnya, harus dibuka dulu. Wuahaha.

Waktu dapet paketnya itu malem-malem dan udah ga kuat mau aku cobain jadi aku asal foto aja malem-malem itu jadi fotonya aneh sendiri ya maaf.

Swatch, Fragrance & Coverage


Ini penampakan foundation dari cushion-nya kalo dicolek pake tangan. Warnanya mirip sama alas bedak sariayu ya kalo aku pikir, tapi jelas ini lebih 'berat' kandungannya, coverage-nya jauh lebih tinggi.

Waktu dibuka, wangi cushionnya mirip-mirip sama wangi BB cream Marina/Pixy, tapi lebih banyak bau 'klinis'-nya. Aku jarang cium bau-bauan parfum ini lebih ke apa, jadi aku cuma bisa mendeskripsikan begitu. 'Mirip wangi BB Cream yang di Indonesia cuma bau klinis-nya ditingkatkan'.
Hnggg sounds weird.


Tersedia 2 warna, yang satu nomer 21, kalau gak salah light beige. Aku ambil nomer 23 karena yang nomer 21 udah jelas putih banget buat cewek-cewek unyu korea macem Yoona atau Tiffany kali, ye.

Well.. Siapa sih yang nggak pernah belang?

Aku belang banget, warna kulitnya nggak rata karena ya... Ya jarang pakai sunscreen. Belom beli mulu. Kalau punya, pakenya di wajah aja. Tangannya ga pake soalnya rasanya sayang takut cepet abis HAHA #pelitaf. Berhubung lagi nggak ada sunscreen buat wajah juga, warna wajahku jadi ga rata.

Shade no. 23 ini MATCH BANGET sama warna kulitku. TAPI, shade korea itu ya memang keliatannya putih banget dan ada hint rosy-nya. Putih berseri semu-semu kayak bayi lucu gitu. Kalo aku sih termasuk putih buat kulit indo ya, dan kulitku nggak ada hint rosy-rosy-nya. Yang ada KUNING BANGET apalagi kalo dibandingin sama temen yang kulitnya putih ber-hint rosy.

UNTUNGNYA, Chica Y Chico Mat Cushion No. 23 ini nggak bikin wajahku kayak pake topeng.

Wajahku lagi gelap (sama kayak bagiang kulitku yang lebih gelap di atas), tapi ada juga beberapa yang normal. Kebayang gak sih belangnya gimana?
Juga banyak blemishes-nya, sejak beberapa bulan lalu hormon-ku lagi rubah besar-besaran kali ya jerawatan sana-sini jadinya.


Liat kan, warna kulitku lagi agak kusam gitu. Apalagi bawah mata, cukup mata panda (banget), karena kebetulan akhir-akhir ini aku lagi kurang sehat, susah tidur juga. Hhh. Blemishes-nya keitung banyak... dan setelah pake cushion ini..

This cushion works like magic. 

Aku memang pake pelembab wajah sebelum ini, gak pake primer, juga gak di-set pake powder. Foundation dari cushion-nya nempel banget di wajah, blemishes-ku pada ketutupin (kecuali jerawat printilan yang kecil-kecil, itu kan timbul-timbul pake foundation beneran aja susah nutupinnya), warna wajahku jadi merata, dan beneran matte banget hasil akhirnya. Nggak mengkilap, nggak dewy.


Nggak pake lipstik, alis dan eyeliner aja rasanya udah cetar dan ingin selfie. WOAHAHAHA.

How to Apply with Sponge

Ini kebetulan cushion aku yang paling pertama, aku nggak tau cara pakainya yang benar. Meskipun ada di belakang kemasan, instruksi cara pakenya, tetep kok rasanya salah ya? Kalau diteken terlalu kenceng, produknya kayak keserap semua sama sponge-nya, jadi susah apply ke muka. Abis duluan di sponge. #hiks


Aku jadi bingung kan, terus bertanya-tanya apakah harus dikasih air dulu biar sponge-nya ga eat up whole products?

Aku kalo gak ada contohan banget baik dalam bentuk foto dan video emang ga akan ngerti.. Aku se-lemot itu. Huahahaha.

Setelah googling, aku nemu blog (siapa ya lupa) dan ternyata kalo pake cushion ya sponge-nya jangan diteken-teken amat. Biasa aja, lah. Dan ada juga yang komen di post tentang Althea sebelumnya! (Makasih, ya)  Meskipun produk keambilnya sedikit, ya cushion emang pakenya harus sedikit-sedikit, bertahap. Coverage se-keren foto aku di atas itu aja butuh 2-3 kali tahap, kok.

Apalagi foundation di cushion ini cukup cepet nge-set dan keringnya (ye kan jadi matte), jadi harus fokus dan sedikit-sedikit build-up nya. Mulai dari pipi kanan dulu misalnya, ya udah di situ dulu aja beresin jangan ke mana-mana.


Yang bener itu ketika produknya keluar di sponge seperti ini, bentukannya kecil-kecil tapi cabe rawit. Bakalan lebih mudah buat nempel ke wajah juga kalau begini, hohoho~

Semoga nggak ada yang bingung lagi cara pakenya kayak yang aku alamin!


Endurance & Oil Control

Buat foto dengan kondisi yang sama emang susah ya. Pasti ada aja bedanya, ya minimal lighting beda. Apalagi nginget posisi dan ekspresi fotonya susah jadi beda-eda huahaha.

Pagi itu pas apply banget. Aku pake sekitar jam.. delapan-an. Ya mulus sekalih~

Siang, itu waktu sekitar jam dua siang, udah dipake wudhu, kena air. Gak luntur amat, ya wudhu gak usah digosok-gosok juga kali kan cuma dibasuh aja. Belom berminyak sama sekali di wajahku. Biasanya T-Zone udah mulai berminyak dan greasy, tapi ini masih adem ayem aja. Blemish mulai keliatan sedikiiit banget (ini keliatan agak banyak kayaknya lightingnya aja yg jelek hu maaf), dan jerawat printilannya mulai keliatan lebih muncul.

Sore, sekitar jam lima sore. Udah wudhu (lagi). Beda 3 jam aja dari sebelumnya, tapi udah mulai berminyak. Biasanya, jam lima sore kalo sebelumnya sama sekali nggak touch up, minyak bakal ada di daerah T-Zone, pipi dan dagu. Ya pokoknya semuka. Tapi ini cuma di T-Zone aja dan.. ngabisin setengah blot paper dari C&C aja ngga. Keren. Coverage-nya.. Ngga berkurang banyak.

Di foto siang dan sore aku itu udah pake blush jadi agak pink-pink sedikit ehehehe. Aku hapus make-up sekitar jam tujuh malem.. Sebelum hapus, keadaannya nggak jauh beda sama yang Sore. Keren.

Price & Where to Buy

Beli di Althea Indonesia (id.althea.kr). Harga asli Rp424200, diskon jadi Rp192000. Kalo belanja sampe 300ribu, gratis ongkir. Asyek.

Overall

Apakah sesuai dengan klaim yang aku ekspetasikan?

Coverage like concealer : Iya banget! Aku bahkan sebelumnya nggak terlalu optimis bisa cover my dark circle well, tapi ternyata lumayan bagus, loh. Buat blemishes mah ga usah ditanya, jadi ya beneran kayak concealer.

Fight against greasy face : Gak boong, beneran matte. Oil control-nya lebih keren dibanding semua produk yang udah pernah aku coba. Nggak greasy sama sekali sampe sore. Berminyak dikit iya, tapi nggak sampe bikin gak nyaman banget.

Longlasting : Buat aku, ini udah lebih dari cukup. Aku sebenernya hobi touch-up setiap abis sholat (kayak ga lengkap aja gitu kalo nggak HAHA)... Tapi berhubung hari percobaan produk ini aku lagi sibuk ribet dll, ngga sempet touch-up tapi tetep oke sampe mau remove make-up.

Nggak bikin breakout. Harga 192ribu, tapi nggak termasuk refill.. Cukup lah ya. Apalagi buat yang mau coba dulu, kalo harganya dibikin naik dan udah dikasih refill, tapi ternyata gak mau lanjut pake kan sayang banget. Sayangnya.. Nggak ada jual refill-nya juga. Hngg.

Wanginya cukup familiar, kualitasnya oke banget. Yang aku rasa kurang.. Kurang di packagingnya. Ini shippingnya kan internesyenel tapi produsen tidak berusaha bikin orang-orang internesyenel mengerti sama produknya, ngga nyediain bahasa Inggris banyak.. kecuali di deskripsi web Althea-nya aja.

Jadi.. 4,5/5, deh.

So.. apakah pembahasanku masih kurang panjang, masih belom ngerti sama cushion ini?
Atau udah kebelet pengen beli?

Althea launching lusa!! Sabar ya girls, jangan lupa bakal ada giveaway juga. Stay tune di sosmed-nya Althea (@altheakorea) dan subscribe newsletternya biar gak ketinggalan~

16 comments:

  1. weee.. akhirnya diriviuw jugak. percaya nggak aku juga belum pernah pake cushion. hayo harus percaya hahaha... nantilah aku beli wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. And this is my first juga Dhel.
      Ayo belanja bareng-bareng sama yang lain biar gratis ongkir nanti kotaknya rebutan~
      #mahasiswalife

      Delete
  2. oke banget ya, klo coveragenya seperti concealer.


    www.Glowlicious.Me

    ReplyDelete
  3. Belum punya budget lebih untuk beli segala macam make up atau skincare apalagi cushion duh ini muka minta di rawat haha.

    Btw, hasilnya bagus bisa nutupin jerawat gitu ya Fir :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama! Aku juga kalo ga diajak sama Althea Korea mah ga akan shanggup beli sediri ;w;
      #kitamahapaatuh

      Iya bagus banget! Jadi suka sekalii~~

      Delete
  4. cushion ?
    Aku belum pernah coba. whaaak ternyata mahal amaaaaaaaat tapi kalo diskon mau juga dongs <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih lebih murah dari cushion nya Laneige atau Dr. Althea :')
      We ❤ diskon!

      Delete
  5. Mwahahahah sama banget, pas liat langsung demen packaging nya bahkan tadi kerekam pas unboxing kayanya blg "aduh bagus baaangeetttt" wkwk, dan.. YAP! bau klinis!! Aku jg mikir begitu! Tapi td di video aku bilangnya.. "Aroma... Aroma.. Ngg.. Aroma bb cream?" Wkwkwkkw karena bukan bau wangi bunga atau buah atau apa, yup bau klinis, tapi enak.
    Dannnn waaahhh puas kaaaliii nak firaaaa... (?) XD alhamdulillah bgt ya berarti ga salah pilih! Aku jd ga sabar mau segera coba jugaaaaaaa, semoga bener2 amazed jg!

    PS: ampe bengong pas baca km blg hampir ga pernah ketemu produk yg beroksidasi. Iri bgt... Aku coba ratusan juta macam (?) produk dan sering beroksidasi wkwk. Masih mencari sandaran hati nih.. Eh sandaran makeup (?) wkwk

    Sherry from ♕ SheemaSherry ♕ blog (www.sheemasherry.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti deh aku liat video-nya Sherry demi liat your first impression sama ini cuhion, ahaha XD

      Iya sok coba atuh! Kalo aku sih bener-bener seneng banget, praktis pol!

      Nah, itu dia masalahnya. Kayaknya kulit aku tipe kulit yang nyerep banget segala produk. Bahkan bukan produk, wangi-wangian lain juga misalnya bawang. Aku potong bawang, bau bawangnya itu nempel banget di kulit tangan harus dicuci 2x biar baunya hilang!! X')

      Nah, bayangin deh aku pake makeup di wajah, dan makeup-nya nempel sampai terserap. Harus rajin exfoliate, kalo ngga ya begini jadi jerawatan. Ribet sekali :(
      Tanda-tanda harus beli Mia Clarisonic kayaknya... huhuhu x')

      Delete
  6. Aku juga lagi beli itu produk. Tapi masih lama nih yang nyampe keliatannya. Aku juga belum pernah coba cushion. Aaa jadi nggak sabar nunggu produknya sampe

    ReplyDelete
  7. aku pengen beli ini juga, biasanya kan ada keterangan ingredients di althea ya.. tapi syg gak ada, tpi stlh ak konfirmasi trnyta ada kandungan alkohol nya... jd aku gak jd beli... pdhl stlh liat review ini jd mupeng banget T-T

    ReplyDelete
  8. Yeeeyy!
    Oil control nya juara bgt!
    Aku juga lagi browsing2 Althea dan nemu produk ini.
    Baca review kamu lgsg mantab lah hati ini buat beli
    Wkwkwk

    Mind to follow back?
    ♥ phieselphie blog ♥

    ReplyDelete
  9. Diaku warnanya sesuai bgt buat kulitku, tp aq ngrasa pas awal pake asa kering (mungkin karna kebiasa muka minyak,haa) dan setelah seharian pake tumbuh jerawatšŸ˜„ Syedih deh,udah mahal2 kebeli ternyta ga cocok

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES