Jumat, 19 Juni 2015

Menjaga Kulit Tetap Sehat saat Liburan

Nggak seperti liburan sebelumnya, liburan kali ini nggak banyak yang komentar muka saya menghitam. Kemungkinannya cuma ada dua: mereka tahu saya liburan ke Bali dan Jogja, wajar saja kulit menghitam; atau saya cukup pandai menjaga kulit.

Sebagai cewek memang harusnya pandai sih ya jaga kulit, hehehe.

Saya mau bagi beberapa tips untuk menjaga kulit khususnya saat perjalanan panjang (beneran panjang, kayak saya dua hari di jalan) dan liburan di tempat outdoor yang terkena paparan sinar matahari.

FYI, saya bawa beberapa wadah khusus untuk perawatan fisik.


Peralatan mandi itu saya taruh di loker di atas ac (itu apa namanya ya xD) supaya mudah kalau mau ke kamar mandi, nggak perlu bongkar-bongkar tas.

Make up ringan itu ada compact powder, sisir, lipstick dan parfum. Barang jaga-jaga itu kertas penyerap minyak wajah, hansaplast, hand sanitizer.

Make up occasional ada alas bedak, eyeliner, mascara dan blush-on. Saya mah jarang pakai yang macam-macam, hehe xD

Tempat make up ini saya taruh di tas kecil yang juga ada camera pocket, charger, earphone, handphone yang saya taruh di pangkuan saya selama perjalanan.

Selama perjalanan, karena memakai bus AC, pastikan tidak memakai make up berat dan sulit dihapus. Meskipun misalnya kamu orang yang rajin cuci muka, ya buat apa gitu di bus pakai make-up berat. Sebagai gantinya, kamu harus selalu pastikan kulit wajahmu tetap lembab. Gunakan masker bila perlu.


Sumber
Kenapa?
Udara AC membuat kulitmu kering, ya jelas tidak bagus kalau terus-terusan mengenai kulit. Makanya lebih baik juga pakai masker. Tapi tetap sih, menurut saya harus pakai moisturizer untuk menjaga kulit wajah tetap lembab.


Nggak peduli seberapa berminyaknya wajahmu, kalau lawan udara AC 2x24 jam sih, pasti kalah. Buat kulit berminyak sih saya rekomendasiin Clean n Clear moisturizer ini. Hasilnya wajah tetap lembab dan kadar minyak juga berkurang.

Karena selama perjalanan dua hari tersebut pasti turun dari bis untuk melakukan hal lain seperti makan, ke wc dan sebagainya. Sebelum turun  dari bus, pakailah bedak. Selain biar nggak kelihatan kusam, tapi memang penting untuk melindungi wajah dari berbagai polusi juga sinar matahari.

Jangan remehkan kalau cuaca di luar sedang hujan. Kulitmu justru lebih rentan terbakar saat hujan turun. (Dikutip dari Idolling! Th. 2014)


Untuk kulit berminyak memang lebih bagus menggunakan loose powder, tapi ribet banget lah kalau lagi travelling dibawa-bawa. Lebih baik compact powder. Dan buat kulit saya, compact powder ini cocok. Warna 01, Invisible yang memang natural banget, dan nggak bikin kulit wajah berjerawat.

Hal yang harus diperhatikan: nggak bagus untuk berbagi puff bedak dengan temanmu. Memang kadang sulit melakukannya, karena suka ada aja teman yang nggak bawa. Kurang-kurangilah dan hentikan kebiasaan ini, ya.
Kulit wajah setiap orang itu berbeda, bakteri dari kulit yang lain bisa menular lewat puff tersebut ><

Kalau mau ke tempat rekreasi outdoor kayak Tanah LotPantai KutaTanjung Benoa atau Pantai Pandawa, pertahanan buat kulit harus lebih kebal. Usahakan pakai sunscreen, moisturizer yang ber-SPF tinggi. Kalau buat wajah, aku pakai alas bedak dari Sariayu.


Alas bedak itu ya foundation tapi kalau menurutku sih, alas bedak dari Sariayu ini formulanya lebih ringan dibanding foundation dari merk lain. Tapi karena lebih ringan itulah, lebih mudah menguap kalau udaranya panas banget dan tertutup. Kalau kata orang sunda mah ngelekeb.

Alas bedak ini emang udah ada sunscreennya, ada tulisannya di belakangnya. Enak sih menurutku, harganya juga terjangkau banget, banget. Kayaknya saya bakal terus pakai Sariayu ini x)

Habis pakai alas bedak, tentunya saya pakai bedak. Juga pakai eyeliner. Eyeliner itu bukan buat menjaga dari matahari, tapi buat menjaga mata saya biar keliatan fresh, haha. Mata saya itu gampang sayu kalau capek, jadi biar tetep keliatan oke kalau difoto, pakai eyeliner deh.

Saya pakai eyeliner liquid dari Sariayu juga. Favorit sih, saya lebih suka pakai yang liquid. Kalau yang padat itu berasa pakai krayon xD

Selain menjaga wajah, kulit juga harus diperhatikan. Kalau di perjalanan di dalam bus, karena saya selalu pakai pakaian panjang (iyalah) jadi nggak masalah. Kalau sekiranya kulit terpapar udara AC selama di perjalanan, lebih baik pakai lotion juga.

Kalau main ke outdoor, saya biasanya pakai lotion ber-SPF tinggi.


Ceritanya beli Marina ini iseng aja untuk ikutan lomba blog-nya. Tapi saya juga nggak sempat nulis buat lomba, haha. Akhirnya waktu pergi liburan, saya bawa dan saya pakai. Ternyata emang bener, kulit nggak terbakar, bahkan menghitam pun bisa dibilang nggak begitu hitam. Padahal saya ya jalan-jalan kemana-mana, plus di Yogya itu selalu bagian nyetir motor dan nggak pakai sarung tangan.

Tapi tangan saya aman-aman saja pakai lotion ini :D
(Dan harganya terjangkau bangeeet.)

Masih takut liburan kena sinar matahari? 

20 komentar:

  1. Cara ngehilangin bekas jerawat yang warna hitam gt gimana teh fira? :( pake apa ya bagusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling bagus dan alami pakai madu. Oleskan madu ke wajah sebagai masker, tapi harus setiap hari dan konsisten buat hasil yang lebih bagus. Saya sih nggak konsisten dan malesan, jadinya hasilnya kurang. Kalau kakak saya sih rajin banget jadi wajahnya bersih >_<

      Pakai masker wajah juga bagus buat menjaga kulit ya, kalau saya sih rekomendasiin masker bengkoang dari Mustika Ratu :D

      Hapus
  2. Marina bukan sekedar ngiklan ya mbak..sudah terbukti :)

    BalasHapus
  3. saya juga pake alas bedak dari Sariayu sangat cocok dikulit muka saya :)

    BalasHapus
  4. marina memang bikin kulit kita nyaman yah mbak,, sudah terbukti ko

    BalasHapus
  5. saya juga pakai marina yang itu .. asalnya nivea cuma kok lamalama mahasiswi bangkrut beli lotion mahalmahal tiap bulan -_- ..lagi nyoba marina yg spf itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, harus menyesuaikan sama kantong juga ya hahaha xD

      Hapus
  6. (( NGELEKEB )))

    Aku kalo liburan wajib banget pake sunscreen, dua jenis, buat muka sama badan. Buat muka pake wardah, buat badan, ekita samaan :D :D :D

    Marina yang itu emang enak banget yaaa.. Nyaman di kulit dan mureee :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kalau Wardah itu kurang cocok, selalu jerawatan. Padahal pengen juga pake wardah :')
      Mungkin kalau umurku udah gedean aku bisa pakai wardah (?)

      Iya, nyaman di kantong juga mbak xD

      Hapus
  7. Tipsnya sangat membantu mba, bisa dicoba nih klo mau liburan :D

    BalasHapus
  8. wah berbagai macam produk di pake juga yaa :D kirain hanya satu produk :)
    Makasih tipsnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk itu cocok cocokan aja sih kalau kata saya xD
      Sama sama :)

      Hapus
  9. Wah pengen nyoba deh marina yang spf nya tinggi itu. Relatif murah soalnya kalo dibandingin merk lain.

    BalasHapus
  10. wuaaaaa masih dipake pouch nya sama fira.. terharu :'3
    alhamdulilah bermanfaat hehe
    actually baru pake C&C moisturizer yg sama juga, lumayan sih rasanya lebih lembab hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah awet, aku kan biasanya ga jago jaga barang (?)
      Ini aku juga baru kedua kalinya beli, dulu mah malah gatau C&C ada moisturizernya xD
      #anaknyagakupdate

      Hapus
  11. Aku kemaren habis dari Tabuhan cm bawa sunscreen buat muka. Lupa klo lotion ada Marina. -_____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pas mau pergi hampir lupa kak, untung inget x))

      Hapus

Aku jarang balas komentar di sini, kalau mau jawaban yang fast response boleh DM ke Instagramku (atau twitter) di @safiranys ya!

COPYRIGHT © 2017 · SAFIRA NYS | THEME BY RUMAH ES